Tuesday, March 19, 2013

Cerpen Cinta - Virus



Karya Winna
“Iiii .. orang kayak gitu ngapain juga diperhatiin, buang waktu tau !!.” seruku kesal.
“ Emang ada apa sih kamu ma dia ?, bertengkar lagi ?.” tanya Rea makin buat aku kesal.
“GAK TAU!!!, dia yang cari gara-gara duluan ma aku, aku gak pernah ganggu dia Re,”
“Upsss, sori An, aku bukan maksud bikin kamu tambah marah, aku sama anak anak cuma heran sama kalian berdua, akhir akhir ini bertengkar melulu..” kata Rea dangan nada menyesal.
“Gini Re, aku gak tau kenapa dia akhir akhir ini sering banget cari masalah sama aku... kan kamu tau sendiri kalau aku udah susah payah buat gak marah marah. Sekarang aku udah gak kuat lagi”. Sahutku.

Lalu kuhampiri Diki yang sedang tertawa tawa bersama Guntur, yang semakin buat aku kesal dengan suara tawanya yang seperti mengejekku.
“Dik, kamu itu kenapa sih ? “
“Aku ? baik baik aja tuh an, makasih ya udah nanyain kabarku.” Jawabnya belagak blo’on.
“Dik, aku tuh bukan nanyain kabar kamu bego!, aku tuh nanya kamu itu ngapain belakangan ini sering banget cari gara gara sama aku hah ??!, ngajak berantem ya ? kalo gitu ayo !”
“Dasar P.A kamu an, siapa juga yang cari gara gara sama kamu ? ”
“Bodo, dan lagian aku gak p.a kalee..” sahutku..
“Emang kamu tahu apa arti p.a an ?” tanya dia lagi..
“Auk,” jawabku gak peduli..
“Dasar, p.a tu pede amat, hehehehehe.. masa gitu aja gak tau ?” ucapnya lagi
“Meneketehek.. en kamu kalo gax cari gara gara apaan tuh namanya?” sengitku jengkel dan menunjuk papan tulis yang dihiasi kata kata Ana – Romi in LLOOVVEE....
“Oo, Cuma gitu kok marah sih an ? aku kan nulis realitanya doank ?” sahutnya dengan tampang tak bersalah, yang buat hatiku menggebu gebu untuk nyubit dia sampe biru.
“ DIKI BEGOO !!!.., aku sama Romi itu GAK ADA APA APA !! TITIK.” Teriakku lagi dengan amarah yang meluap luap seperti air di kamar mandiku yang lupa dimati’in.
Daerah asalku ini mempunyai adat yang tak bisa dilanggar, yaitu orang orang yang berasal dari suku yang sama adalah satu keluarga karena mereka memiliki nenek moyang sama, yang diturunkan lewat garis keturunan ibu, ya.. minangkabau adalah kampung halamanku.. dan aku, romi memiliki suku yang sama yaitu sikumbang.
“ Are you sure ?, kalopun sesuku gak apa-apa kaaaan ?” tanya Diki lagi semakin buat aku kesal.
“Kamu itu ya Dik, a ....”
“UDAAAAAAAH !!!!!!!!!!...” teriak teman temanku barengan, mulai cemas dengan pertengkaran kami.
“Kalian itu bertengkar mulu ya ?, apa gak bosen ?? Dik kamu tu ada masalah apa’an sama ana ? kamu cemburu ya sekarang ana digosipin sama Romi ?” tanya Wira yang cukup untuk membuatku diam dan bingung.
“Aku ? suka sama Ana ? hahahahaha.. gak mungkin kaleee.. tipeku bukan kayak Ana yang jelek ini Ra.. tipeku yang kayak Selena gomez gitu.. dan ra, denger ya.. aku cuma nulis realita aja, ngapain juga si Ana marah sama aku.. ?” jawabnya sambil melengos menghindari tatapan seisi kelas yang penasaran.
“Eh siapa juga yang mau sama kamu, udah buta kali orangnya..” balasku sewot.”
Dan pertengkaran kami pun berlanjut, tanpa ada yang bisa menghentikan kecuali bel pulang. Kebetulan saat itu adalah jam terakhir yang gak ada gurunya...
*******

Sejak hari itu, aku dengan Diki bukannya damai tapi kami malahan semakin bermusuhan.. dalam pelajaran, persahabatan, dan hal lainnya.

Suatu kali.. disaat guru IPS kami keluar kelas, Diki bertugas untuk menyalin catatan guru IPS kami, buk In. Selesai mencatat bukannya kembali ke tempat duduk dia malah duduk di kursi buk In sambil menatap ke arahku.. akupun segera tersadar dan bertanya tanya dalam hati,
“kenapa ya Diki ngeliatin aku kayak gitu ?, atau Cuma bengong dan kebetulan wajahnya yang songong itu mengahadap ke arahku ?” fikirku dalam hati..
*******

Usai pelajaran IPA..
“Dian, tadi kan kita belajar tentang virus tuh sama pak Gus, aku jadi kepikiran sesuatu deh Yan,” ujarku.
“hmmm.. apa’an an ?” tanya Dian.
“Si Diki itu kayak virus ya Yan ? soalnya kerjaan dia itu bikin kerugian sama aku melulu.. jadinya kayak virus yang hidupnya ngerugiin orang lain..” jelasku..
“Oh Ya ? kalo difikir fikir iya juga sih An, tapi virusnya cuma sama kamu aja, kan yang bertengkar sama dia kamu, bukan aku atau temen yang lain.. kita kan sering dibantuin dia ngerjain tugas An.” Sahut Dian panjang lebar.
“ Masa’ ? kalo gitu mulai sekarang aku khusus panggil dia virus aja deh Yan,” ujarku lagi dengan rasa puas ingin membalaskan kekesalan hatiku sama Diki dengan nama baru untuknya.

Kami kembali bercanda sambil ketawa ketiwi.. tak lama kemudian, lewatlah Diki di hadapan kami.
“ VIRUS, APA KABARNYA NIH? Tumben gak ada ajudan ajudannya ?” sapaku ke Diki yang kebetulan sedang berjalan sendirian dihadapanku dan dian.
“ Maksud kamu?” tanya Diki tak mengerti.
“ Gini Dik...” lalu Dian menjelaskan alasan aku memanggil virus sama Diki.

Kemudian....
“ Enak aja kamu ngomong An, aku tuh manusia bukannya virus tau!!” ucapnya sewot.
“Oh ya? kan emang kenyataan kalau kamu itu ngerugiin hidup aku Dik, tiap hari ribut sama aku.. dan emang enak dikatain yang bukan sebenernya Dik, gak kan ?” jawabku tak kalah sewotnya.
“ An, aku itu bukan bermaksud untuk ngerugi’in kamu, kan kamu duluan yang cari gara gara..” ujarnya lagi yang makin buatku ingin membalasnya.
“ Oh ya? Kalo gitu gak masalah donk aku manggil kamu virus, kan juga kenyataan kalo kamu ngerugiin hidupku.. ?” ucapku lagi smbil tersenyum sinis.
“ Terserah kamu aja deh An, kalau bener aku ngerugiin kamu berdoa aja moga aku cepet angkat kaki dari sekolah ini.” Ucap Diki sambil berlalu dari hadapan kami berdua.
Jujur, hatiku gak tenang mendengar Diki ngomong kayak gitu, tapi fikiran itu segera berlalu dari otakku.
********

“ Ra, pinjam pensilnya donk ?” ucap Diki..
“ Nih Dik,” sahut Wira sembari menyerahkan sebatang pensilnya.

Aku pun heran, padahal tempat duduk Diki bersebelahan denganku walaupun lain meja, tapi ngapain dia pinjam pensil sama Wira padahal dia kan tahu kalo aku punya 2 pensil.
“Cie... lagi ngelamunin Diki ya an ?, cemburu nie ceritanya kamu sama Wira ?” kata Nada mengejutkanku.
“ Ha ? gak mungkin Nad, aku lagi mikirin ni tugas susah banget dikerjainnya.” Jawabku gugup.
“Oh ya ? mm.. oh yang ini, aku juga belum kerjain An, tadi niatnya sih pengen nanya sama kamu, eh kiranya kamu juga belum bikin.” Ucapnya sambil melirik buku latihanku.
Akupun bersyukur karna Nada gak bertanya lagi, padahal aku udah menyelesaikannya di buku buramku..

Aku lalu melanjutkan belajar karena 1 minggu lagi akan ada ujian kenaikan kelas. Dengan giat aku mengulang ulang pelajaran karena aku ingin mempertahankan prestasiku selama sem.1 yaitu menjadi juara umum.
*******

1 minggu kemudian tibalah saatnya untuk ujian..
“Untung pembagian kelasnya berdasarkan nama, jadi aku gak perlu sekelas dengan Diki..” ucapku dalam hati sembari melenggang pergi ke ruang ujianku.

Akupun berpapasan dengan Diki di depan ruang ujiannya
“ Aduhh, sombongnya Ana.. gitu ya kalo udah pisah kelas, temen lama gak diingat lagi.” Katanya padaku.
“Tumben kamu nyapa aku rus, biasanya kan kamu teriak teriak sama aku..” jawabku dengan masih memanggil virus pada Diki.
“ Biasa aja kali An..” jawabnya,
Dengan segera aku meninggalkan Diki karna aku gak mau lama lama di dekatnya.
Ujian pun ku jalani selama 5 hari dengan lancar karena without Diki ‘virus’ menyebalkan yang menggangguku.
“Fiuhhhhhh..., akhirnya selesai juga ujiannya, saatnya santai dan melaksakan kegiatan rutinku usai ujian.. TIDURRR!” seruku dalam hati sembari menghidupkan motor untuk pulang ke rumah.
*******

1 minggu kemudian.. di sekolahku tercinta hari ini diadakan penerimaan rapor, dan akupun harap harap cemas karena ini menentukan naik tidaknya aku ke kelas 2...
“Ana.. kamu kok nyantai aja sih ? aku aja udah kebelet pipis ni An...” ujar Izza

Aduuuhh.. si Izza gak tau aja jantungku beribu kali lebih deg degan daripada dia, soalnya ibu bilang kalo juaraku lepas aku bakalan gak ditraktir sama dibeliin buku kesukaanku.
“Soalnya aku yakin kalo bakalan naik kelas Za,” jawabku berusaha optimis untuk menghilangkan kegugupanku.
“ P.a banget kamu An,?” celetuk virus tiba tiba..
“ Suka suka aku donk rus, emang apa urusan kamu ?, sejak kapan kamu peduli sama aku ?” jawabku ketus.
“ Sejak dulu bego !!” jawabnya dengan kecepatan suara yang membuatku tidak mengerti apa yang diucapkannya. Kemudian Diki pun berlalu dari hadapanku dan bergabung dengan Guntur,Mizzi, Daus, Harry, dan teman teman yang lain.
“Kamu itu ya An, gak pernah akur sama Diki, belum tentu kalo udah kelas 2 nanti kamu masih sekelas sama dia An..” sahut Kiky tiba tiba menyadarkanku.
“Ha ? enak malahan kalo gak sekelas lagi sama dia Ky,” jawabku
“Kamu salah An, kamu tau gak kata kata bijak ini kamu baru sadar arti seseorang apabila dia udah gak ada dalam hidup kamu An..” sahutnya mensehatiku.
“Oh yaa???” jawabku sok tak peduli
“ Dasar Ana, padahal banyak yang ngefans sama Diki, tapi kamunya cuek..
ckckck.. gak tahu di untung kamu An,” Sambungnya lagi.
“Maksud kamu apa sih Ky ?, lagian apa hubungannya aku cuek sama dia, ngapain kamu yang marah sih Ky?” aku mulai gusar.
“Au ah An, mata hati kamu ketutup gimana bisa ngerti..” dan Kiky berlalu setelah mengucapkan kata kata itu kepadaku..

Jam 11.30 WIB
“Baiklah ananda sekalian, inilah saatnya untuk pembacaan peringkat peringkat kelas sem.2 tahun ajaran 2009/2010.. kita mulai dari kelas 3 terlebih dahulu.. peringkat pertama diraih oleh anak kami Nuari Yulia Nova dengan jumlah nilai1.032 rata rata 9,1.. kepada Nova dipersilahkan utuk maju ke depan.” Kata pak Edison dengan mike ditangan beliau..
Dan beliaupun melanjutkan pembacaan peringkat terakhir jatuh pada kelasku..
“Peringkat ketiga kelas VII.1 diraih oleh anak kami Diki Aditya dengan jumlah nilai 1.208 rata rata 9,4.. kepada ananda Diki dipersilahkan untuk maju kedepan..” kata pak Edison membuatku tercengang.
“Diki ???”
Dan Diki pun maju untuk berbaris di halaman kantor majelis guru bersama kakak kelas yang juga mendapatkan peringkat..

Semua temanku bertepuk tangan untuk Diki. Begitupun aku.
“ Sekarang mari kita lanjutkan kepada peringkat kedua yang diraih oleh anak kami Wira Jamaini Putri dengan jumlah nilai 1.220 rata rata 9,5, kepada Wira juga dipersilahkan untuk maju ke depan.”

Ucap pak Edison yang makin buatku kaget,
“Wira aja yang susah aku menandingi kehebatannya juara dua, gak mungkin aku mendapatkan juara satu.. mungkin Selvi atau Ruri yang bakalan dapat.” gumamku mulai pesimis.
“Dan inilah juara satu yang merangkap sebagai juara umum sem.2 tahun ini, yaitunya ananda kami dengan jumlah nilai 1.500 dengan rata rata 9,7 jatuh kepada..................... Ana Hijratul Alfat. Kepada Ana dipersilahkan untuk naik ke atap sekolah” ucap pak Edison..

Dan ucapan beliau membuat seisi sekolah menertawakanku..
“Jangan bercanda donk pak, lagi shock nii..!” sahutku, dengan cemberut akupun menggerakkan kakiku yang berat akibat kaget ini kedepan, dan pandanganku menyapu pada Diki yang menatapku sambil tersenyum setengah mencibir, dan aku pun membalasnya dengan senyuman kemenanganku..
“Dasar virus...”
“Emang kenapa Romii ?”
“Cemburu ya ???”
“Idihh.. pedeee”
Kami pun bertengkar bisik bisik, bukan teriak teriak seperti biasanya karena lagi nerima hadiah untuk juara..

Seusai pembagian hadiah .. akupun bersalaman dengan seluruh majelis guru, setelah itu kami kembali ke kelas masing masing untuk menerima rapor.

Setibanya di kelas, teman temanku memberi selamat untukku,Wira,dan Diki.
“An, selamat ya..”
“Hebat banget kamu An, baru kelas 1 udah langganan juara umum.. ckckckck”
“Salut aku sama kamu Ana.. selamat ya.. sukses selalu..”

Teman temanku berebut menyalamiku.. begitupun wira dan diki
“ An, selamat ya, jangan lupa traktir aku lho.. kan aku udah kasih jimat sama kamu waktu ujian” ujar Mizzi
“Enak aja.. mana ada kamu kasih jimat buat aku Zi? Jimatku cuma doa dan usaha tau!!” jawabku sembari tertawa.
“ Ana.. Ana... bukannya waktu itu aku kasih my best smile untuk kamu an, dan kamu bilang di sms kalo senyum aku tuh penyemangat kamu.., dan bikin kamu konsen ujian.”
“mana pernah aku bilang gitu mizzi!!... wong aku aja GAK PUNYA NOMOR HAPE KAMU !!, dan gara gara senyum kamu bikin nilai ujian TIK ku gak konsen.. ” Jawabku.

Serempak seluruh teman temanku menertawakan Mizzi. Tapi ketika kulihat Diki dia melengah dan tidak mengacuhkanku.
“Diki cemburu ?, ahaiyy gak mungkin”sahutku dalam hati

Masuklah wali kelasku yang sangat kami sayangi, ibu Fani..
“Ass.. anak anak sebelum ibu membagikan rapor kalian, ibu ingin mengucapkan selamat pada sang juara kita Ana, Wira, dan Diki yang sudah berusaha keras dan medapatkan nilai yang memuaskan. Baiklah kelas kita seluruh siswanya tidak ada yang tinggal kelas akan tetapi mungkin kalian akan berpisah dengan ibu karena ibu sudah memutuskan untuk tidak menjadi wali kelas lagi pada semester berikutnya.” Kata ibu Fani mengejutkan kami.
“Kenapa enggak buk ?”
“Ibuk sudah bosan ya ngajar kami ?”
“Ato ibuk udah gak pengen liat kami lagi ?, ya udahdeh buk.. kami pergi sekarang” ucap Ryan seraya melangkah keluar kelas dengan tampang sedih. Salah satu sahabatku yang bandelnya minta ampun..
“ Ryaan, ibuk belum selesai ngomong. Duduk kembali ke tempat duduk kamu!” kata buk Fani kesal.
“Maap buk, aku cuma bercanda.” kata Ryan buru buru kembali ke kursinya.
“ Ibuk gak jadi wali kelas lagi karena ibuk saat ini ingin menjadi guru agama biasa. Jadi kalian gak perlu su’udzon gitu dulu sebelum denger penjelasan ibuk.” Kata ibuk Fani lagi.
Aku manggut manggut tanda mengerti, dan berfikir kapan lagi aku bisa dapat wali kelas sebaik ibu Fani, yang ingat hari ultah kami semua, tahu permasalahan ekonomi keluarga kami masing masing, watak seluruh siswanya, bahkan pergaulan sesama kami pun beliau perhatikan..

Usai pembagian rapor, di luar kelas tiba tiba...
“ An, selamat ya... kamu memang pintar,” kata Diki sambil memberikan tangannya padaku untuk bersalaman.
“Makasih ya Dik... kamu juga pintar kok, buktinya kamu dapat juara 3 kan ? ngalahin Selvi sama Ruri yang pintar itu..” ucapku menyambut tangannya yang terulur.
“Aku harap kita bisa ketemu lagi ya an..”
“ Ya pasti lah Dik, kalo umur kita masih panjang. Kan kita belum lulus dari smp ini Dik, baru naik kelas so kita pasti masih bisa ketemu usai liburan ini.., dan untung kalo gak sekelas sama kamu Dik, gak ada lagi orang yang bertengkar mulu sama aku..”
“Oh ya ? kamu bener ngarepin gitu An ?”
“Gak kok Dik, aku pengen sekelas lagi sama kamu.. tapi gak bertengkar setiap hari,aku pengen kita damai Dik..”
“Aku juga pengen damai sama kamu An, dan mauku sih juga sekelas lagi sama kamu...”
“Oh ya Dik, aku mo bilang sesuatu sama kamu..aku sama Romi gak ada hubungan apa apa Dik.. kita itu udah kayak keluarga tau dan awas, jangan adu aku sama Romi lagi.. karena..”
“Karena apa An ?”
“Mmm...karena aku udah punya orang yang aku suka disini Dik, dan aku gak mau dia salah paham sama gosip kayak gitu..”
“Oh ya ?, kalau aku boleh tahu siapa orangnya An ?” tanya Diki dengan suara seperti kehilangan semangat.
“ Aku bakalan kasih tau kamu pada hari pertama sem.1 kelas 2... mmm.. Dik..itu Fika dateng, nyari kamu kayaknya” sahutku sambil menunjuk Fika yang celingak celinguk mencari Diki..
“ Buruan gih, temuin Fika, cantik juga anaknya Dik.. en rada rada mirip Selena gomez tipe kamu itu..” ucapku tanpa sadar apa arti perkataanku itu.
“Ya udah An, tapi satu hal yang harus kamu tahu.. tipeku bukan Selena gomez ato artis manapun an.. tipeku orang yang....” ucap Diki terputus karena ditarik oleh Fika yang seperti cemburu padaku.
“ Ya udah rus, hati hati yaaaa.......sampai jumpa 1 bulan lagi”
“ Sampai jumpa kapan kapan an ... makasih buat ‘virus’nya” jawab Diki sambil berlalu..

*******
“An....Anaaaaa..” panggil Putri di taman sekolahku..
“Ada apa Put ?” sahutku sambil menghampirinya
“An, tau gak Diki pindah sekolah An... ke Bandung.”
Deg ! akupun limbung dan jatuh terduduk di rumput gajah taman sekolahku.
“Kamu bo’ong kan Put, kamu cuma becanda kan ?”
“Maaf An, aku gak bo’ong dan gak bercanda.. tadi papa Diki sendiri yang datang ke sekolah untuk menandatangani surat surat kepindahannya An..”
Dan.. tes..tes..dua bulir air mata yang bening mulai menetes di pipiku...

*******
“Byuuuurrrr......”
Debur ombak pantai Sumedang menyadarkanku dari cerita 3 tahun lalu sewaktu aku masih kelas 1 smp.. saat ini aku telah terdaftar sebagai siswa di salah satu sekolah ternama jauh dari kampung halamanku. Virus ternyata telah pindah sekolah pada hari pendaftaran ulang. Kepindahannya di urus oleh papanya... dan tidak satupun dari kami yang diberitahu bahwa dia akan pindah sekolah dan alasannya termasuk aku..
“ kau tega Dik.. tidakkah kau anggap aku dan yang lain sahabatmu? “ bulir bulir air mata jatu di pipiku...
“VIRUS BEGOOOO!!!!!!!!” teriakku marah ke laut yang seolah ikut menangisiku.

Baca Cerita Lainnya Juga :

No comments:

Post a Comment